Selasa, 15 Januari 2013

Cara Menginstal Packet Web Server [Apache] di FreeBSD

Cara menginstal packet apache di FreeBsd , mungkin sudah banyak beredar di mang Google bisa di searching , tapi mater ini bagi saya merupakan pengetahuan baru , dan saya baru mempelajarinya ketika saya melaksanakan prakerin di ITB , hehe maklum dari kampung soalnya,  jadi ga update.Tapi sekeder buat pembelajaran aja sekalian untuk mengingat , saya coba posting di blog ini , mudah mudahan ada manfaatnya buat temen-temen semua.

Penginstalan FreeBSD nya saya lakukan di Virtual box , pastikan networknya udah di setting , tipe jaringannya ganti sama bridge . udah pada jago rekan-rekan juga cara settingnya , saya yakin . 

setelah sistem oprasinya selesai diinstal, pertama kita ketikan command berikut :
# ee /etc/make.conf
perintah tersebut digunakan untuk membuat file baru di folder etc, kemudian kita ketikan script berikut :
 
MASTER_SITE_OVERRIDE=ftp://ftp.itb.ac.id/pub/FreeBSD/ports/distfiles/

setelah selesai simpan file tersebut .
kemudian kita lakukan setting proxy , kita tulis command seperti di bawah ini :

# setenv http_proxy http://cache3.itb.ac.id:8080/
tekan ENTER 
Kemudian baru kita instalkan paket apache-nya melalui ports. 

ketik command berikut :
# cd /usr/ports/www/apache22
# make config
kemudian akan muncul kotak dialog pemilihan package di apache , tekan spasi untuk package yang anda butuhkan dan tekan ok 
selanjutnya ketikan :
# make install clean 
tunggu proses instalasi , lumayan lama jadi sambil tidur aja hehe asal jangan lama-lama 
setelah proses instalasi selesai 
tambahkan script berikut di /etc/rc.conf
apache22_enable="YES"
simpan dan restart . 
untuk menjalankannya tinggal ketik command berikut :
apachectl start

selesai . untuk komentar dan sarannya sangat ditunggu sekali , karena saya yakin yang saya tulis masih banyak kesalahannya . terima kasih

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India